Garang Asem Ayam simple with ayam So Good


Garang asem ayam andalan ku!

      Setiap keluarga pasti memiliki menu andalan,ya kan??. Apalagi mahmud seperti saya hahahaa....
Entah kenapa menu khas jawa & sunda adalah masakan yang paling sering umi lili masak, padahal gw ini keturunan sumatra "TULEN". Mungkin masakan sumatra terlalu riweh dengan ekstra bumbu dan ekstra lama masak nya jadilah menu sunda dan jawa menjadi favorite keluarga kecil kami. (kecil? inget bu anak 3 dan sekarang lagi hamil anak ke 4 😁).

      Terlebih lagi di bulan puasa ini di barengi dengan usia kehamilan 8 bulan membuat saya males banget mau gerak di dapur. Seperti beberapa malam yang lalu,setelah pulang kontrol ke hamilan kira-kira jam 9 malaman. Saat itu inget banget di kulkas gak ada stok makanan mentah or mateng buat menu sahur suami dan anak-anak malam ini. Sempat berfikir sejenak enaknya masak yang mudah,gampang,enggak banyak bumbu,enggak pake ribet tapi rasanya maknyoos. Seketika abi pun mengingatkan garang asam,tadinya sempet males sih karena terlalu banyak bahan yang di rajang dan hari juga sudah malam mau cari daun pisang dimana buat bungkusnya?padahal saya cuma mau masak yang semua bahan tinggal di cemplung-cemplungin heehehe... Maklum ibu hamil selalu berdalih lelah bawa perut wkwkwkw....

      Ok fiks setelah berfikir sejenak akhirnya saya menerima tantangan abi untuk membuatkan nya garang asam ayam sebagai menu sahurnya. Namun garang asam kali saya buat tanpa bungkus daun pisang dan sebagian besar bahan di haluskan, tapi jangan khawatir masalah rasa,saya jamin membuat anda ketagihan dengan rasa garang asam tanpa daun pisang ini.  
Beruntung saya menjadi pelanggan setia So Good, sebuah Brand yang sudah terkenal jaminan kualitas mutunya dan pastinya halal semua produknya. Oiya yang enaknya lagi nyari So Good tuh sekarang mudah banget ada di banyak mini market sekitar rumah saya,pastinya di sekitar rumah anda juga hehehe.... 

Kenapa So Good?

      Tau enggak kenapa saya selalu memilih olahan ayam dan ayam utuh dari So Good?  Karena semua produk So Good berasal dari bibit ayam pilihan dan di pelihara secara baik di peternakan modern,ayam So Good tumbuh tanpa suntikan hormon, di potong secara halal, di bekukan secara sempurna dengan teknologi IQF (individually Quick Frozen) yang mengunci 4 kualitas ayam segar yaitu SEGAR,GIZI,RAS dan BERSIH. Praktis tak perlu di potong dan di cuci. membantu banget kan buat kita yang super hatic dengan anak dan pekerjaan lainnya, klo gak percaya silahkan cek http://dapursogood.id/ di sana lengkap semua alasan kenapa akhirnya saya memilih So Good untuk keluaraga. Udah ah, sekarang saya mau kasih resep garang asem enak,mudah dan praktis.

RESEP GARANG ASEM AYAM  BUMBU HALUS,TANPA DAUN PISANG

garang asam di kukus tanpa daun

Bahan-bahan
  • 1 pack ayam potong So Good isi 10 potong
  • 8 buah cabe rawit utuh
  • 6 buah belimbing wuluh, potong kasar
  • 2 batang daun bawang,potong kasar
  • 3cm lengkuas,memarkan
  • 2 buah serai,memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 2 buah tomat, potong kasar
  • Garam sesuai selera
  • 1 setengah sendok teh gula
  • 900ml santan (saya pakai santan instan yang di tambah air biasa)
Bumbu Halus
  • 2cm jahe
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 buah kemiri sangrai
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
Cara Pengolahan
  1.  Campur ayam dengan bumbu halus diamkan 15menit agar bumbu meresap.
  2.  Panaskan  kukusan hingga airnya mendidih.
  3.  Masukan semua santan dan semua bumbu kecuali tomat dan daun bawang aduk rata dalam  wadah tahan panas / aman untuk di kukus, dan masukan dalam panci kukusan.
  4.  Kukus hingga 40 menit.
  5.  Setelah 40 menit masukan tomat dan daun bawang,kukus kembali selama 10menit atau hingga  matang. 

garang asam siap di nikmati
Selesai juga garang asam ayam bumbu halus tanpa daun pisang pun dapat di nikmati, sedikit tips yang saya ingin berikan kepada mama muda yang belum terbiasa masak terkadang susah mengukur tingkat kematangan masakan yang menggunakan santan tanpa minyak, caranya adalah dengan melihat adanya minyak pada bagian atas masakan. Jika sudah terlihat minyak di bagian atas itu tandanya ayam,ikan atau daging yang kita masak sudahlah matang. Dan akhirnya saya mengucapkan selamat makan.😍


Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

Setelah empat jam dipotong di suhu ruangan, ayam akan membusuk.

Untuk menjaga kualitas kesegaran ayam, setelah dipotong dan dibersihkan, ayam harus dibekukan sempurna dalam waktu cepat!

      

Komentar

  1. So yummy mbak. Aku belum pernah buat garang asem, cuma beli aja selama ini. Ternyata gtu resepnya. TFS :D

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah buka puasa di bulan syawal dengan garang asem...uenake pool di kasih sambel pake kerupuk tambah mak nyus, bosen dengan masakan lebaran (opor, rendang dll) garang asem pas dengan lebaran yang itu itu aja. Dengan keringat di kepala saya ambil nasi lagi untuk ke dua kalinya, tak terasa kenyang perut ini menyantap garang asam nomor satu (1)

    BalasHapus
  3. Bisa batal diet mbak kl udah lihat makanan, bawaannya pengen buat dan langsung makan. Pasti enak nih. So Good keluarga jg suka banget mbak. Harus selalu sedia krn selain praktis juga bergizi

    BalasHapus
  4. Mbak, aku belum pernah masak garang asem, aku Cobain ya resepnya, kelihatannya enak dan mudah cara memasaknya.

    BalasHapus
  5. Mbak makasih resep nya aku mau coba di rumah. So good ini enak banget ya, bisa diolah macam-macam, tinggal main di bumbu aja.

    BalasHapus
  6. Daku belum pernah nyobain olahan so good untuk dijadikan garang asem, idenya cemerlang mbak

    BalasHapus
  7. Wah, ternyata so good bisa juga yah dipakai masakan garang asem. Gimana nih rasanya? Jadi pengen ngincipin juga

    BalasHapus
  8. Aku pikir garang itu dibakar Mak hehe.. soalnya bahasa Jawa Indramayu itu garang=bakar.. eh ternyata ada kuahnya.. lumayan nih sharingnya cocok buat emak2 gak bisa masak kaya aku, jadi pake so good praktis ya tinggal kita ajah deh nambahin bumbu2 kreatifnya .

    BalasHapus
  9. Aku pun juga suka masak Garang Asam mbak....enak yah segar, apalagi pas hangat-hangat plus nasi hangat...bisa nambah-nambah hehehe

    BalasHapus
  10. enakkk mbak garang asem apalagi musim yang hawanya dingin-dingin kayak begini

    BalasHapus
  11. Wah jadi laper hihihi. Bunda seneng masak ya? Kalau aku ga jago masak tapi suka makan hihihi

    BalasHapus
  12. Waduh saya membaca ini tengah malam, dan sukses membuat saya ngiler sekaligus lapar. Mbak resepnya boleh ya kapan-kapan dicoba.

    BalasHapus
  13. Belum lama ini aku juga ngolah so good jadi risol. So good emang penyelamat mama banget.

    BalasHapus
  14. Akhirnya jd tqu resep garang asem. Ternyata pakai so good jg bisa ya. Juga bisa gak pakai daun pisang, maklum saya agak susah nemu daun pisang hehe. Makasih ya mom resepnya😁

    BalasHapus
  15. Wahh garang asam kesukaanku..boleh juga nih mbak tipsnya bikin garang asam tanpa dibungkus daun. Makasih ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer