Tips Jitu Lulus Toilet Training

Panen Cucian

Cuaca akhir-akhir ini bikin kita sebagai emak-emak militan makin galau ya mak... Terkadang cuaca bagus,cerah dan sedikit berawan. Ini cuacanya emak-emak banget yang rindu cucian kering.
Kalo cuaca saya mah cuaca hujan grimis manja mak,cuaca yang enak buat buat makan,nyemil dan tidur hahahha...*mamak pemalas*

Beberapa waktu yang lalu mesin cuci di rumah saya rusak,jadilah cuma bisa mencuci tanpa bs mengeringkan pakain ffiiuuhh berasa banget kan butuh cuaca cetar,klo enggak cucian saya bisa 2 hari enggak kering di tambah pula bau apek lelah hayati,mungkin suami melihat semangkin kasian sama istrinya ini jadilah saya dapat hadiah mesin cuci baru yeeeaayy!! Bahagia banget cucian bergunung2 kelar dalam waktu 3 hari tuh rasanya buuaahhaggiiaa banget heheheh lebay.

Mengenal Alarm Anak
(Ki-ka) bangamamas,kasta&sausan

Kebahagian ini bukan tanpa alasan sih,karena kebetulan udah niat banget mau ngajarin baby shasha toilet training mengingat usianya sudah 21 bulan jadi sudah harus menyegerakan nya untuk mengerti alarm tubuhnya bahwa ia harus merasakan dan menyampaikan rasa ingin buang air kecil dan buang air besar nya.
Ya meskipun setiap anak memiliki kemampuan berbeda-beda dalam kesiapan menjalankan toilet training ini (ingat jangan pernah memaksa anak,karena setiap anak berbeda). Umumnya Toilet training ini sudah bisa di latih saat anak berusia 18 bulan tapi biasanya kesiapan si anak akan muncul di usia 22 bulan. Dan saya memilih melatihnya di usia 21 bulan karena salah satu alasan nya saya liat kesiapan Shasha. Beberapa kali saya melihat dia sudah mulai yang menunjukan gelagat ingin buang air kecil dan benar saja begitu saya buka diapers nya dan cuurr keluar lah tanpa sempat saya antar ke toilet hhuufftt gemes ya rasanya tapi ingat sabar adalah kunci utamanya karena di usia 3 tahun lah anak-anak baru siap dengan sempurna memakai toilet layaknya orang dewasa.

Sebetulnya toilet training ini pun di landasi karena ke gagalan saya pada anak ke dua saya. Dulu waktu anak pertama saya Sausan namanya di usia 4tahun masih menggunakan diapers saat pergi tapi di rumah sudah lepas diapers saat usia 3 tahun,ini pun tergolong telat ya melepaskan diapersnya.nah di anak ke dua si bang mamas(panggilan untuk prabu) ini yang benar-benar membuat saya frustasi karena sampai umur 6tahun dia masih menggunakan diapers saat tidur (oh no...kebayang kan berapa tiap bulan pengeluaran untuk di p*p*sin). Dan berbeda lagi dengan pengalaman anak ke tiga saya si uni kasta😍. Seingat saya di usianya yang baru genap 1 tahun,kasta sudah enggak pernah lagi BAK atau BAB di diapersnya. Jadi tiap kali ganti diapers pasti dalam keadaan kering dan saat di buka itulah dia baru BAK atau BAB. Bahkan tiap tidur malam pun dia sudah tidak pernah ngompol lg di diapers nya, karena tiap kali mau mandi pagi saya buka diapersnya pasti dalam kondisi kering. Setelah beberapa hari saya perhatikan kondisi ini akhirnya saya mencoba toilet training pada kasta di usia yang belum genap 14 bulan dan belum genap 18 bulan Kasta sudah tidak lagi menggunakan diapers

Toilet training yang saya lakukan pada Kasta mungkin agak sedikit berbeda dengan yang saya lakukan saat ini pada Shasha. Saat ini Shasha benar-benar tidak lagi menggunakan diapers,dulu waktu Kasta dia tetap menggunakan diapers karena saat itu saya masih memiliki usaha di rumah jadi saya takut kalo "kecolongan" bak/bab nya kasta, hanya saya konsisten 1jam sekali saya bawa dia ke kamar mandi, saya jongkokan dan sedikit saya siram air di area kemaluan nya,cara ini saya lakukakn untuk memancing keluarnya air seni, Alhamdulillah cara itu berhasil. Dan untuk BAB nya saya berusaha mengingat kapan biasanya dia BAB. Karena tiap orang memiliki kebiasan BAB tiap hari nya di jam yang sama atau di jam yang tidak terlalu jauh dari biasanya. Dan mungkin karena kasta sudah mengenal alarm tubuhnya jadi sangat mudah bagi dia menyerap ilmu yang saya berikan sehingga saya pun sangat mudah mengajarinya. Hanya saja karena ada delay speech dalam pertumbuhan Kasta jadi pr nya adalah saya yang harus segera mengerti arti bahasa tubuhnya,misal klo lagi di rumah jika dia ingin bab atau bak maka dia akan berdiri di depan pintu kamar mandi tapi kalo kita sedang pergi,biasanya dia akan memegang celana bagianndepannya sambil menggoyangkan badannya so far tidak ada masalah berat yang saya lalui saat Kasta.

Balik lagi ke cerita Bang mamas, padahal dia dari usia 16 bulan sudah saya ajarkan toilet traing. Saat tidur pun suami saya rajin sekali bangun dan mengangkat dia ke kamar mandi dan tugas saya sedikit menyiram-nyiram penisnya sebagai pancingan supaya dia pipis,terkadang berhasil dan seringnya gagal dan berakhir ngompol di tempat tidur. Jujurnya ngompolnya bang mamas ini membuat saya hopeles,sampe rasanya gimana gitu ya si adek nya udah gak pake diapers tapi abangnya masih pake huufft kalau belanja bulanan sebel banget mana diapers ukuran usia 6tahun itu mahal banget hahaha...sampe akhirnya sekarang dia gak ngompol lagi itu seperti mukzizat buat saya hahaha...dan inget ya saya gak pernah gigitin capung di udelnya bang mamas 🤣 karena itu cuma mitos. Bang mamas bisa sukses gak ngompol itu penuh dengan perjuangan, sebelum tidur saya wajibkan dia untuk bak dulu. Klo waktu dari bak ke tidurnya agak lama biasanya dia saya suruh bak lagi. Itu semua butuh konsistensi dari kita sebagai orang tua.

Progres Shasha Sangat Baik
Shasha 
Nah saat ini shasha sudah menjalankan toilet training kurang lebih 2 mingguan alhamdulillah hasilnya memuaskan. Berawal dari yang kecolongan ompol di mana-mana, sampai bab nya berceceran ke mana-mana karena celana pop nya habis gak keburu untuk selalu nyuci jadi lah bab nya berantakan hahaha...tapi stlh 2 minggu ini Shasha menujukan respon yang baik. Dia sudah mulai mengenal alarm tubuhnya. Dan sudah mulai bisa mengutarakan rasa alarm yang muncul itu. Meskipun belum dengan ucapan yang jelas hanya dari bahasa tubuhnya sudah mulai terlihat. Misal dia ingin bab maka dia akan memanggil orang di sekitarnya sambil menunjukan reaksi muka yang aneh sambil tangan nya menarik celana bagian belakangnya. Jika dia ingin bak maka dia akan memanggil orang di sekitarnya seraya di jongkok dan memegang celana bagian depan nya. Dan saya pun masih tetap melakukan terapi yang sama misal saya perhatikan sudah lebih dari 1-2 jam dia belom bak maka saya akan antar dia ke kamar mandi dan menyiram sedik air ke kemaluan nya. Biasanya kalau dia memang sedang tidak ingin bak/bab maka dia cuma main air tanpa mengeluarkan ekspresi wajah yang aneh. Tapi klo dia ingin bak maka dia akan jongkok  dengan raut wajah yang lucu hehehehe atau kalau dia mau bab maka dia akan menujuk kakus sambil berkata "ni ni ni".

Sabar Dan Tlaten

Oiya semua anak-anak saya tidak pernah saya belikan toilet potty. Karena saya pernah melihat pengalaman buruk teman saya,yang anaknya tidak pernah lepas dari potty nya sampai usia Tk. Repot banget keluh teman saya keman-mana potty nya tidak boleh ketinggalan karena anaknya hanya mau bak/bab di potty itu.  Saya hanya membelikan anak saya toilet seat supaya anak tidak jatuh karen lobang toilet yang kebesaran.
Telaten dan sabar jadi kunci wajib nya,karena anak-anak hanya butuh konsistensi dari orang tua. Oiya satu tips lagi jika anak ngompol di kasur,meskipun kasurnya sudah di alasi oleh perlak tapi saat anak ngompol kita harus tetap bangun dan menggantikan pakaiannya. Karena ini salah satu kebiasaan yang wajib kita ajarkan sehingga jika anak ngompol lagi dia akan risih dengan pakaian basahnya dan selalu kita nasehati dengan perlahan misal "kalau adek mau pipis lebih baik bangunin bunda trus kita pipis di kamar mandi,jadi baju adek gak basah,kasurnya juga gak basah. Kalau basah kayak gini kan gak enak buat bobo" nah inshallah dengan cara demikian anak jadi merasakan alarm tubuhnya. Heemm ini sedikit kisah pengalaman pribadi saya semoga bisa membantu para super moms lainnya😍😘

Potty (dok.by google)

Toilet seat (dok.by google)

Komentar

  1. Waaahhh, saya nih belum juga mulai kenalin toilet training, padahal si bayi besar bentar lagi 18 bulan hahaha.

    Kakaknya dulu sekitar 20 bulanan udah lulus TT, dengan seribu perjuangan emaknya sih hahahaha.

    BalasHapus
  2. Anakku dl lulus toilet training udah usia 2 tahunan, meski awalnya ngompol, selanjutnta senang. Mayan emak ngirit.diapers, wkwkwk

    BalasHapus
  3. Huhu.. anakku belum juga sukses toilet training. Padahal udah tiga tahun masih pake popok. Mau dicoba mbak tipsnya

    BalasHapus
  4. Dan anakku 3 taun ini bab nya masih di pempers atau clana. Tapi bak nya udah bs. Emang sabar ya mbak kuncinya. Emak kudu telaten :) Keren dek Sasha udah bs kenal alarm tubuh.

    BalasHapus
  5. Anakku pas toilet training juga pakai kursi khusus gitu, mba. Nyaman bener dia dan alhamdulillah tak ada kendalan pas toilet training :)

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah lulus TT yaaa congrats. Aku jd keinget dulu awal anakku TT, kecolongan BAB di mobil org wkwkwk untung dia blm pipis. AKhirnya melipir ke mall ganti celana. Yaaa emang harus telaten ya, makin cepat makin baik.

    BalasHapus
  7. Noted mba, bermanfaat banget nih tipsnya. Aku lagi ngalamin nih dramanya. Tapi di satu sisi, kok ngerasa mentalku belum cukup kuat buat repot2. Soalnya si kecil, masih terlihat nyaman dengan pospaknya. Tapi kudu disegerakan nih, sebelum nambah anak #ehhh ahahah

    BalasHapus
  8. Tipsnya bagus banget buat ibu-ibu ya mbak. Kadang suka seneng lihat anak kecil udah bisa pipis teratur di tempatnya gitu. Ortunya senang, orang lain juga tenang.

    BalasHapus
  9. Seneng ya kalau anak sudah lulus toilet trainingnya. Jadi keinget saat-saat dulu melatih anakku toilet training, ada aja dramanya. Lucu kadang kalau lihat ekspresi anak yang kebobolan BAB di celana saat latihan toilet training hihihi

    BalasHapus
  10. Anakku baru aku ajarin TT juga mbak. Usianya 3 tahun 3 bulan. Kalau dirumah lepas diapers, kalau keluar rumah yang jauh harus pakai diapers... emang harus sabar dan telaten...

    BalasHapus
  11. Noted banget nih TT. Duh, kepikiran gimana ya nanti pas TT bisa sabar gak ya aku. Yang pasti emang harus nyetok banyak sabar dan lebih telatenz

    BalasHapus
  12. Wah ankku yg ketiga bih agak lama udh 33bulan malah belum lulus TT emang akupun gak sabra dibagian udh pipis duluan itu ya mom😆tapi harus rajin sih TT biar cepet lulus dan menghemat pengeluaran belanja bulanan

    BalasHapus
  13. anakku sudah 27 bulan dan aku masih maju mundur nih mau toilet training. padahal aslinya pas umurnya 2 tahun rencananya mau dilatih. sampai sekarang malah nggak jadi-jadi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer